Oct 23, 2012

CARA MEMBEDAKAN MAF’UL MUTHLAQ DAN MAF’UL LI AJLIH

Para pecinta Bahasa Arab, pada postingan kali ini kita akan membahas tentang perbedaan antara Maf’ul Muthlaq dan Maf’ul Liajlih. Sebenarnya perbedaan antara kedua maf’ul ini sangat jelas. Kalau Maf’ul Muthlaq adalah isim mashdar manshub yang disebutkan untuk 3 keadaan, yaitu untuk menegaskan suatu perbuatan, untuk menjelaskan bilangan perbuatan, atau untuk menjelaskan jenis/sifat perbuatan. Sedangkan Maf’ul Liajlih adalah Isim Masdar manshub yang berfungsi menjelaskan tentang faktor/alasan dari penyebutan amil sebelumnya. Tetapi ketika kita tunjukkan kepada anak didik kita sebuah contoh kalimat mereka kesulitan mengidentifikasinya. Hal itu karena keduanya sama-sama berbentuk isim mashdar yang manshub, maka hal ini sering membuat bingung anak didik kita, sehingga mereka tidak bisa membedakan mana yang Maf’ul Muthlaq dan mana yang Maf’ul Liajlih.

Sebenarnya jika kedua maf’ul itu kita tulis secara berdampingan akan nampak jelas perbedaannya.
Seperti contoh berikut:
Maf’ul Muthlaq       = حَفِظْتُ القُرآنَ حِفْظاً
Maf’ul Liajlih = قَرَأ مُحَمَّدٌ القُرْآنَ اِبْتِغَاءَ مَرْضَاةِ اللهِ

Kata bergaris bawah pada kalimat yang pertama adalah Maf’ul Muthlaq. Alasan kenapa itu kita beri warna merah sama seperti pada lafadz fi’ilnya, biar anak didik kita bisa melihat bahwa ada kesamaan asal kata antara keduanya. Maksudnya Maf’ul Muthlaq tersebut merupakan isim mashdar yang dibuat dari lafadz fi’il (kata kerja) yang terdapat di dalam kalimat tersebut. Sedangkan pada kalimat kedua, kata yang bergaris bawah adalah Maf’ul Liajlih dan mempunyai warna yang berbeda dengan lafadz fi’il dan tidak dibuat dari lafaz fi'il yang terdapat dalam kalimat tersebut yang ingin diterangkan factor/alasan kenapa tindakan itu dilakukan.

Kita tinggal mengatakan kepada anak didik kita: Lihatlah isim mashdar pada kalimat tersebut, jika terbuat dari lafadz fi’ilnya maka dapat dipastikan Maf’ul Muthlaq, dan sebaliknya jika tidak dibuat dari lafadz fi’ilnya, maka Maf’ul Liajlih.

Dari sisi fungsi keberadaan kedua maf’ul itu jelas dalam kalimat jelas sangat berbeda. Kalau Maf’ul Muthlaq fungsinya (1) memberikan penegasan, (2) menerangkan bilangan perbuatan, dan (3) menerangkan jenis/sifat perbuatan. Sedangkan Maf’ul Liajlih berfungsi merenangkan alas an/sebab tindakan (fi’il dalam kalimat itu) dilakukan.

1 comment:

  1. Maf'ul mutlak bentuk isim masdar yg diambil dr fiil pd kalimat tersebut. Adapun ma'ul lainnya tidak diambil dr mashdar fiil yg ada pada kalimat tsb.

    ReplyDelete

Popular Posts