Oct 17, 2012

Mengungkapkan tujuan dengan 3 cara

Ini adalah postingan penulis yang pertama, semoga membawa manfaat bagi kita semua. Insya Alloh dikemudian hari, postingan-postingan lainnya bisa dipublikasikan secara kontinyu. 

Postingan pertama ini penulis beri judul 'mengungkapkan tujuan dengan 3 cara' karena kebiasaan kita, terutama orang Indonesia, ketika mengungkapkan suatu tujuan dalam bahasa Arab selalu cenderung untuk mengungkapkannya dengan satu cara, yaitu dengan menggunakan Lam Ta'lil (لام التعليل) padahal ada cara lain untuk mengungkapkannya. Ini tidak salah, akan tetapi kalau hal itu diulang-ulang terus dalam suatu paragraf yang panjang, akan terasa monoton. Selain itu, kalau kita bisa mengungkapkan tujuan itu dalam beberapa macam cara akan menunjukkan kemampuan kita dalam bahasa Arab, terlihat lebih variatif dan menguasai bahasa Arab dengan baik.

Oke, tidak perlu berpanjang lebar langsung saja kita bahas satu persatu. Untuk mengungkapkan suatu tujuan di dalam bahasa Arab setidaknya bisa kita gunakan tiga cara, yaitu:
  1. Dengan Lam Ta'lil (لام التعليل). ==> lam + fi'il mudlori'
  2. dengan huruf jar 'Lam'  (لِ)     ==> Lam + Isim
  3. dengan Maf'ul Li ajlihi (المفعول لأجله) ==> Isim mashdar yang beri'rob nashob yang tidak dibuat dari lafadz fi'ilnya, disebutkan dalam kalimat berfungsi menerangkan sebab, alasan, atau tujuan dari tindakan (fi'l/kata kerja) dilakukan.
Sebagai contoh jika kita ingin mengungkapkan suatu kalimat:
'Para murid berdiri untuk menghormati kedatangan guru.'
Jika kita ungkapkan dalam bahasa Arab bisa kita gunakan dengan tiga cara (yang tercetak merah):
  1. قام الطلاب لييحترموا حضور الأستاذ  
  2. قام الطلاب لاحترام حضورالأستاذ
  3. قام الطلاب احتراماً لحضور الأستاذ
Ketiga kalimat di atas merupakan ungkapan dari kalimat: 'Para murid berdiri untuk menghormati kedatangan guru.'

Coba Anda praktikkan dengan kalimat yang lain, Anda akan terlihat semakin mumpuni dalam bahasa Arab, karena Anda bisa mengungkapkan suatu dalam berbagai cara.

Meskipun sedikit. semoga postingan ini bermanfaat. Penulis mohon saran dan komentar para pembaca, karena penulis juga masih dalam taraf belajar. Kita sharing, demi kemajuan kemampuan kita dalam berbahasa Arab. Semoga penulis bisa menulis postingan lagi yang lain secara kontinyu.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts