Oct 24, 2012

Kelengkapan Bahasa Arab

Pecinta Bahasa Arab, “Tahukah Anda, salah satu keistimewaan Bahasa Arab? bahwa Bahasa Arab adalah bahasa yang dikenal sangat ringkas dan lengkap. Sebagai contoh, kita lihat kata yang diberikan di bawah ini yang berarti: mereka telah mencari bantuan. Anda akan dapat melihat bahwa empat kata bahasa Indonesia tersebut cukup diterjemahkan dalam bahasa Arab dengan satu kata saja. Jika diterjemahkan kedalam bahwa Inggris ‘they sought help’, tetap saja panjang (tiga kata). Namun, lebih dari itu, satu kata bahasa Arab ini mampu menyampaikan tujuh bagian informasi kepada kita. Mari kita lihat bagaimana hal itu bisa terjadi:

اِسْتَنْصَرُوْا

  1. نصر. = membantu 
  2.  ست  = meminta 
  3. Ketiadaan salah satu dari 4 prefiks ا ت ی ن (huruf pembentuk fi’il mudhori’) ditambah fathah pada ص yang membuat kata ini berwaktu lampau (Fi’il Madhi). 
  4. Harakat fathah pada huruf ص dan ت dan kasroh pada huruf ا menandakan bentuk kata aktif. Jika dirubah ini sehingga harakat dhommah pada ا dan ت dan harakat kasrah pada huruf ص akan mengubahnya menjadi bentuk pasif: اُسْتُنْصِرُوْا akan berarti bantuan dicari dari mereka.’ 
  5. Huruf و.pada akhir kata menandakan makna pelakunya bergender maskulin (muzhakkar) 
  6. Huruf و  pada akhir kata menyampaikan makna pelakunya sekelompok orang berjumlah lebih dari 2 orang  
  7. Huruf و  pada akhir kata menyampaikan makna pelakunya orang ketiga

Dari segi penulisannya pun, tulisan Arab sangat ringkas. Mengapa? Karena yang dilambangkan dengan huruf hanyalah huruf konsonan saja, sedang huruf vocal hanya dilambangkan dengan harakat. Meski harakat tidak ditulis tetap saja dapat terbaca dengan jelas. Berbeda dengan tulisan-tulisan lain yang jika huruf vocal tidak ditulis pasti tidak bisa dibaca. Bahkan dalam dunia kaligrafi, teks-teks Arab bisa ditulis secara menumpuk dan bertubrukan dengan huruf lain tanpa merubah makna. Hal yang tidak bisa dilakukan tulisan-tulisan dalam bahasa lain.
Mungkin ini bisa melengkapi keistimewaan Bahasa Arab disamping sebagai bahasa ahli surga. Pembaca mungkin bisa menambahkan kesitimewaan lain? Monggo…

No comments:

Post a Comment

Popular Posts